3 Resep Makanan Berkuah yang Bisa Menghangatkan Tubuh di Musim Hujan

Minggu, 07 Januari 2024 - 19:30 WIB
Ada banyak resep makanan berkuah yang bisa menghangatkan tubuh di musim hujan. Makanan ini dapat dibuat dengan mudah di rumah menggunakan bahan di dapur. Foto/Istock Anna Pustynnikova
JAKARTA - Ada banyak resep makanan berkuah yang bisa menghangatkan tubuh di musim hujan. Makanan ini dapat dibuat dengan mudah di rumah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Tak hanya sekadar lezat dan menghangatkan tubuh, resep makanan berkuah ini juga memiliki khasiat mencegah flu. Seperti diketahui, penyakit tersebut sering menyerang saat musim hujan.

Tertarik membuatnya? Berikut resep makanan berkuah yang bisa menghangatkan tubuh di musim hujan dilansir dari berbagai sumber, Minggu (7/1/2023).

Resep Makanan Berkuah yang Bisa Menghangatkan Tubuh di Musim Hujan







1. Cilok Kuah Pedas



Bahan-bahan:

500 g tepung tapioka

250 g tepung terigu

5 siung bawang putih

500 ml air

Jeruk nipis secukupnya

Kacang pilus

Bahan Kuah:

1 buah cabai merah

2 siung bawang putih

5 butir bawang merah

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

2 liter air

Cara Membuat:

Haluskan bawang putih kemudian masukkan ke dalam panci dan beri 500 ml air. Panaskan air tersebut di atas api sedang sampai mendidih. Buat adonan tepung tapioka dan tepung terigu lalu uleni dengan air bawang tadi sampai kalis. Bentuk adonan tepung menjadi bulat-bulat.

Panaskan air sampai mendidih kemudian rebus adonan cilok yang sudah dibuat tadi sampai mengapung lalu angkat. Siapkan kukusan kemudian kukus cilok yang sudah direbut kurang lebih 15 menit. Saatnya membuat kuah cilok dengan menghaluskan cabai dan bawang lalu ditumis sebentar.

Masukkan garam dan penyedap rasa kemudian beri air dan masak sampai mendidih. Siapkan mangkuk, masukkan cilok ke dalamnya dan siram dengan kuah. Tambahkan irisan jeruk nipis lalu taburi dengan kacang pilus dan sajikan.

2. Sup Ayam Jagung



Bahan-bahan:

Dada ayam

1/4 bawang bombai

1 buah wortel

1/2 kaleng jagung

Garam secukupnya

Gula secukupnya

1 sdt tepung maizena

1 sdt pala bubuk
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More