3 Perbedaan Posesif dan Protektif, Pahami Supaya Tidak Keliru

Sabtu, 13 Januari 2024 - 17:07 WIB

3. Sifat yang Dominan

Biasanya orang yang memiliki sifat posesif cenderung lebih emosional, sehingga mudah marah atau sedih. Selain itu, mereka juga lebih sering bersifat mengatur karena ingin orang yang disukai berjalan sesuai kehendaknya.

Sementara bagi orang yang punya sikap protektif cenderung lebih menuntun ketimbang mengatur. Pemilik sikap ini juga akan selalu memberikan penjelasan terlebih dulu jika ingin melarang.

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa posesif cenderung melibatkan keinginan untuk mengendalikan atau memiliki, sementara protektif lebih berorientasi pada niat positif untuk melindungi dan merawat tanpa menghambat kebebasan individu.

Terkadang orang-orang menggolongkan sifat posesif dengan over protektif. Sebenarnya istilah ini tidaklah benar karena posesif dan protektif memiliki definisi yang berbeda.

Itulah penjelasan tentang perbedaan sifat posesif dan protektif. Dari penjelasan ini, dapat dikatakan sifat posesif punya kemungkinan terbesar untuk menyebabkan ketidakseimbangan dan konflik dalam hubungan.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More