5 Cara Mudah Tidur Kurang dari 5 Menit, Gunakan Metode Militer

Selasa, 30 Januari 2024 - 22:05 WIB
Susah tidur? Ada cara mudah mengatasi masalah itu dan hanya butuh tak lebih dari 5 menit. Foto/ shutterstock
JAKARTA - Pernahkah Anda merasa seperti membuang-buang waktu tidur yang berharga dengan berguling-guling di tempat tidur?

Anda lelah dan ingin tidur , tetapi itu tidak bisa? Anda tidak sendirian, karena sekira sepertiga orang dewasa di seluruh dunia dikabarkan mengalami insomnia, sesuatu yang semakin memburuk seiring dengan meningkatnya stres sehari-hari dan kehadiran layar di mana-mana.



Para ilmuwan telah lama menemukan hubungan antara tidur, pikiran, dan tubuh dan beberapa orang pintar telah menciptakan metode dan teknik untuk membantu orang tertidur lebih cepat. Dikutip starsinsider, berikut ulasannya.

Cara Mudah Tidur Cepat

1. Metode militer

Metode tidur ala militer ini cukup populer, berasal dari buku 'Relax and Win: Championship Performance' oleh Lloyd Winter pada 1981.



Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut AS dilaporkan menciptakan rutinitas untuk membantu pilot tertidur dalam waktu dua menit atau kurang, bahkan setelah minum kopi dan dengan latar belakang suara tembakan. Tampaknya dibutuhkan enam minggu latihan untuk menguasainya.

Pertama, rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di mulut. Lepaskan ketegangan di bahu Anda dan biarkan tangan Anda jatuh ke sisi tubuh Anda. Lalu buang napas sambil melepaskan dada Anda. Perlahan gerakkan ke bawah dan rilekskan kaki, lalu paha, lalu betis, dll.

Selanjutnya, jernihkan pikiran dengan membayangkan pemandangan santai seperti berbaring di tempat tidur gantung dalam kegelapan atau mengambang di perahu sambil memandangi langit cerah selama 10 detik (jika tidak). tidak berhasil, ucapkan kata “jangan berpikir” selama 10 detik). Anda harus segera tertidur setelahnya.

2. Metode pernapasan 4-7-8 terkontrol

Metode pernapasan ini menggunakan jumlah waktu terkontrol untuk menarik dan membuang napas yang memicu sistem saraf parasimpatis. Untuk mempersiapkannya, letakkan ujung lidah Anda di langit-langit mulut, di belakang kedua gigi depan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More