Suka Sakit Perut setelah Makan? 5 Bahan Ini Bisa Mengatasinya

Sabtu, 09 Maret 2024 - 15:03 WIB
3. Pepaya

Buah tropis ini memiliki enzim yang disebut papain, yang membantu memecah protein dan memperlancar pencernaan. Makan pepaya setelah makan dapat membantu mencegah kembung dan gangguan pencernaan.

Selain itu, pepaya juga kaya akan serat, yang membantu melancarkan buang air besar secara teratur dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan, kata sang ahli.

4. Peppermint

Peppermint telah lama dikonsumsi sebagai obat alami untuk gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pencernaan. Minum teh peppermint atau mengonsumsi daun peppermint segar dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan, mengurangi gas dan kembung.

Kapsul minyak peppermint juga tersedia dan dapat dikonsumsi sebagai suplemen. Selain itu, beberapa orang menggunakan minyak peppermint di pusar untuk meredakan ketidaknyamanan pada usus.



5. Biji-bijian utuh

Memasukkan biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan oat ke dalam makanan Anda merupakan sumber serat yang baik, yang membantu pencernaan. Serat menambah jumlah besar pada tinja, membuatnya mudah melewati saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, biji-bijian juga mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Mengonsumsi makanan-makanan ini dalam rutinitas Anda akan mencegah masalah pencernaan setelah makan. Namun, penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan pengaruh makanan yang berbeda terhadap Anda secara individu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More