Apakah Ibu Menyusui Boleh Berpuasa? Ini Syaratnya

Senin, 25 Maret 2024 - 23:40 WIB
Apakah ibu menyusui boleh berpuasa? Ada syarat dan hal-hal yang harus diperhatikan. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Apakah ibu menyusui boleh berpuasa? Ini syarat dan hal-hal yang harus diperhatikan. Mom harus paham!

Berpuasa adalah ibadah wajib bagi semua umat muslim. Namun, sebagai agama yang tidak membebani umatnya, Islam memberikan keringanan bagi mereka yang berhalangan untuk menjalankan puasa, seperti ibu hamil dan menyusui.

Sering kali bagi ibu yang sedang dalam fase menyusui ingin ikut berpuasa, namun khawatir air susu yang keluar tidak mencukupi untuk kebutuhan sang anak. Sehingga sering muncul pertanyaan ‘apakah aman bagi ibu menyusui untuk ikut berpuasa?’ Mari simak penjelasannya.



Apakah Aman bagi Ibu Menyusui Berpuasa?

Menurut beberapa sumber, berpuasa bagi ibu menyusui boleh dilakukan, tergantung kesehatan sang ibu dan anak serta faktor-faktor lainnya. Sehingga diperlukan konsultasi dengan dokter ahli apakah asupan gizi dan ASI ibu cukup untuk sang anak meski sedang berpuasa.



Pada umumnya berpuasa tidak mempengaruhi produksi ASI secara signifikan, baik kualitas maupun kuantitasnya, dengan catatan gizi ibu dapat terpenuhi dengan baik sewaktu sahur dan berbuka.

Tips Berpuasa bagi Ibu Menyusui

Jika diperbolehkan berpuasa oleh dokter ahli, ibu tetap harus memperhatikan pola makan dan aktivitas selama berpuasa. Untuk tetap memperoleh ASI yang maksimal, berikut tips yang bisa dilakukan.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih saat Sahur dan Berbuka

Cairan merupakan hal penting yang harus tetap terpenuhi bagi orang yang berpuasa. Terlebih untuk ibu menyusui, sehingga pastikan agar ibu tidak kekurangan cairan dalam tubuh karena jika hal ini terjadi dapat mempengaruhi produksi ASI yang tidak maksimal.

Ibu yang mengalami dehidrasi dapat dikenali dengan gejala seperti mulut dan bibir kering, urin berwarna lebih gelap, sakit kepala, dan mudah lelah. Jika hal ini terjadi ibu, sebaiknya segera membatalkan puasa untuk kebaikan diri dan bayi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More