Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi? Waspada 6 Masalah Kesehatan Mental Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 08:30 WIB
Tidak bisa bangun pagi hari bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental yang harus diwaspadai. Pola tidur yang terganggu memperburuk kesehatan mental. Foto/Sleep Doctor
JAKARTA - Tidak bisa bangun pagi hari bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental yang harus diwaspadai. Pola tidur yang terganggu dapat memperburuk kesehatan mental dan memperparah penyakit mental yang sudah ada.

Karena gangguan tidur bisa menjadi tanda atau penyebab masalah kesehatan mental , Anda tidak boleh mengabaikan ketidakmampuan untuk bangun pagi hari. Jika Anda kesulitan untuk bangun di pagi hari, penting untuk menyingkirkan kondisi medis seperti sleep apnea, narkolepsi, dan sindrom kelelahan kronis.

Jika Anda telah didiagnosis menderita salah satu kondisi ini, ketidakmampuan Anda bangun dari tempat tidur berhubungan dengan diagnosis. Namun, jika Anda merasa tidak bisa bangun pagi, berapapun lamanya tidur, hal ini juga bisa berkaitan dengan gangguan mental.

Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi?



Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan mental yang membuat Anda tidak bisa bangun pagi dilansir dari Verywell Mind, Sabtu (20/4/2024).





1. Depresi



Jika Anda kesulitan untuk bangun di pagi hari, ada kemungkinan Anda menderita depresi. Gejala depresi lainnya meliputi perasaan sedih, kekosongan dan keputusasaan sepanjang hari, perubahan nafsu makan atau pola tidur.

Jika Anda merasa ketidakmampuan Anda untuk bangun mungkin terkait dengan kondisi ini, penting untuk menghubungi profesional. Perawatan yang efektif dapat membantu, termasuk psikoterapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More