Tanda Pria Mengalami Baby Blues, Bukan cuma Wanita

Minggu, 12 Mei 2024 - 23:11 WIB
“Sebenarnya mereka stres loh. Pagi mereka kerja, terus pulang dia harus bantuin istrinya. Kalau enggak punya caregiver, malam hari dia harus temenin istrinya begadang juga, karena dia kasihan melihat istrinya kecapekan dan kelelahan,” ujarnya.

Dr. Elvine menemukan sebagian kasus yang menunjukkan sang suami harus bertukar peran membantu sang istri untuk mengerjakan pekerjaan rumah ketika sang istri harus mengurus sang bayi.

Meski begitu, rasa stres dan emosi dari pria cenderung dipendam dan tidak disampaikan pada istrinya. Hal ini karena stigma masukulinitas yang membuat sebagian besar pria enggan untuk menyampaikan perasaannya kepada wanita.



Para pria menganggap dirinya tak boleh kelihatan lemah di depan istrinya, sebab ia merasa harus menjadi benteng untuk memperkuat mental sang istri. Padahal pria juga mengalami stres yang cukup tinggi.

“Tapi dia enggak bisa nunjukin emosi dia ke istrinya ya. Jadi ya berat sih sebenarnya jadi laki-laki di Indonesia. Mungkin berat dengan isu maskulinitasnya in some way ya good, ada paternalistik, tapi di satu sisi juga mereka stres,” tutur dr. Elvine.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More