Perokok Berisiko Terkena Kanker Kandung Kemih 6 Kali Lipat

Jum'at, 24 Mei 2024 - 06:06 WIB
“Dan 50%-60% kasus kanker kandung kemih baru berkaitan dgn rokok. So bagi teman2 pemuda yang masih merokok. Just stop smoking. Any kind of smoking. Be safe,” tuturnya.

Dokter Akhada juga menjelaskan beberapa ciri kanker kandung kemih. Salah satunya adalah ketika urine tampak bercampur dengan darah bahkan yang telah berbentuk gumpalan.

“Apa sih ciri2 kanker kandung kemih... Mayoritas (nyaris 100 %) adalah kencing bercampur darah atau gumpalan darah kayak jelly or cendol (bisa merah atau hitam), dan tidak disertai nyeri,” ungkapnya.

“Pasien bisa mengeluh nyeri bila gumpalan darah tersebut menyumbat aliran kencing. Dan kencing darah tersebut kambuh2an. Anda harus curiga itu kanker kandung kemih. Apalagi kalau tdk nyeri. Minimal dilakukan usg urologi,” sambungnya.

Bahkan, dalam beberapa kasus, kanker kandung kemih tidak menunjukkan gejala nyeri dan perubahan warna urine saat penderita sedang buang air kecil. Sehingga, dr. Akhada menyarankan agar orang-orang dengan risiko kanker kandung kemih sering-sering memeriksakan diri ke dokter urologi.

“Sebagian kecil pasien mengeluh nyeri saat kencing. Bahkan ada yg tdk berdarah, tp ya sangat langka,” pungkasnya.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More