7 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun, Penting Kurangi Asupan Gula

Rabu, 05 Juni 2024 - 07:30 WIB
- Latihan Kekuatan: Melakukan latihan beban atau resistance training dua kali seminggu untuk meningkatkan massa otot. Otot yang lebih banyak membantu meningkatkan metabolisme basal.

- Aktivitas Harian: Tetap aktif dalam kegiatan sehari-hari, seperti memilih naik tangga daripada lift atau berjalan kaki ke tempat tujuan yang dekat.

2. Fokus pada Pola Makan Seimbang



Mengadopsi pola makan seimbang sangat penting untuk menurunkan berat badan secara sehat. Adapun pola makan seimbang yang bisa diikuti meliputi:

- Protein: Konsumsi makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak untuk membantu merasa kenyang lebih lama dan mendukung pertumbuhan otot.

- Karbohidrat Kompleks: Pilih biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran yang kaya serat untuk membantu pencernaan dan menjaga energi sepanjang hari.

- Lemak Sehat: Sertakan sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal.

3. Perhatikan Porsi Makan



Mengontrol porsi makan dapat mencegah asupan kalori berlebihan. Disarankan menggunakan piring kecil untuk membantu mengontrol jumlah makanan yang diambil. Selain itu, makan secara perlahan dengan menikmati setiap gigitan bisa memberi waktu bagi tubuh merasakan kenyang, sehingga dapat mencegah makan berlebihan.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More