5 Cara Mencegah Darah Tinggi, Cukup Konsumsi 1 Sendok Teh Garam per Hari

Kamis, 06 Juni 2024 - 07:00 WIB
Mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium berlebih menyebabkan tubuh menahan cairan. Hal ini menyebabkan peningkatan tajam dalam tekanan darah. Jadi, mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Batasi asupan natrium Anda antara 1.500 miligram (mg) dan 2.300 mg per hari, yaitu antara setengah dan 1 sendok teh garam per hari.

3. Jaga berat badan

Berat badan dan tekanan darah saling berkaitan. Ketika seseorang mengalami obesitas, berat badan yang perlahan turun bisa m membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Bukan hanya berat badan, memperhatian lingkar pinggang juga penting untuk mengelola tekanan darah. Lemak ekstra di sekitar pinggang atau yang biasa disebut dengan lemak visceral, dapat berdampak buruk terhadap kesehatan jantung hingga tekanan darah tinggi.

4. Berhenti merokok

Ketika menghisap rokok, tekanan darah cenderung meningkat hingga beberapa menit setelahnya. Yang perlu diingat, perokok pasif pun bisa berisiko terkena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sehingga, jauhinasap rokok agar tidak mengalami hipertensi dan resiko kesehatan lainnya.



5. Hindari stres

Bukan rahasia lagi jika stres menjadi sumber penyakit, salah satuny meningkatkan tekanan darah Anda. Anda perlu mengetahui pemicu stress agar lebih mudah mencari cara untuk mengatasi masalahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More