12 Destinasi Wisata di Jogja dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi saat Libur Panjang

Rabu, 03 Juli 2024 - 03:30 WIB
Meskipun berada di pinggiran kota, Pinus Pengger adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi dekat Yogyakarta.



5. Taman Sari

Juga dikenal sebagai Istana Air, Taman Sari adalah bekas istana kerajaan di distrik Keraton yang pernah menjadi istana kerajaan. Ini adalah salah satu tempat bersejarah populer di Yogyakarta yang harus dikunjungi. Taman Sari dibagi menjadi empat area terpisah dengan area pemandian sebagai yang paling menarik, terdiri dari dua kolam besar yang dipisahkan oleh menara pengawas tiga lantai yang mengesankan. Saat menjelajahi taman yang indah di sekitarnya, Anda akan menemukan masjid bawah tanah sebagai sorotan lainnya.

6. Gunung Merapi

Salah satu atraksi populer di Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Banyak operator tur yang menyediakan tur jeep ke gunung berapi ini. Tur jeep juga akan membawa Anda ke museum yang menarik yang memperingati letusan terbaru. Museum ini mencatat semua detail letusan dan memberikan wawasan tentang dampak bencana tersebut.

7. Taman Nasional Kalibiru

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Taman Nasional Kalibiru. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan indah dan mengambil foto klasik di tepi tebing dengan properti yang telah disediakan. Anda harus membayar Rp10.000 untuk berfoto di setiap spot. Menyewa taksi dari Kota Yogyakarta adalah pilihan terbaik karena jalur menuju Kalibiru cukup curam untuk sepeda motor.

8. Goa Jomblang

Salah satu tempat petualangan di Yogyakarta adalah Goa Jomblang. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi rappelling melalui gua vertikal yang gelap dan berlumpur untuk melihat "Cahaya Surga" yang menerangi gua tersebut. Dibatasi jumlah pengunjung setiap hari, jadi datanglah lebih awal untuk mendapatkan tempat. Goa ini adalah bagian dari sistem gua yang mencapai seluruh Gunung Kidul dan terbentuk sekitar seribu tahun yang lalu.

9. Museum Ullen Sentalu

Jika Anda memiliki waktu luang, kunjungi museum pribadi ini yang terdiri dari area dalam dan luar ruangan yang menampilkan sejarah dan budaya Jawa melalui berbagai pajangan seperti foto, patung, lukisan, dan kain. Tiket masuk sudah termasuk pemandu yang akan memberikan informasi tentang berbagai pameran serta sejarah kuno Jawa.

10. Pantai Timang

Banyak pantai di sekitar Yogyakarta yang menawarkan pengalaman menyenangkan, salah satunya Pantai Timang. Tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana yang tenang. Terdapat banyak tempat makan di sepanjang pantai yang menyajikan makanan laut yang lezat dengan harga terjangkau. Anda juga bisa berenang di beberapa bagian pantai.



11. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, juga dikenal sebagai Istana Sultan, adalah salah satu bangunan yang direncanakan dengan cermat di Indonesia. Keraton dibangun untuk mencerminkan kosmos Jawa. Daya tarik ini merupakan hubungan sempurna antara alam, manusia, dan Tuhan. Tempat ini terletak di jantung kota dan dianggap sebagai tempat kebanggaan dan kemuliaan nasional.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More