5 Candi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Borobudur

Rabu, 03 Juli 2024 - 17:30 WIB
Ada beberapa candi terbesar di dunia yang patut Anda ketahui. Candi belakangan menjadi salah satu destinasi wisata, di mana jutaan pelancong kerap mendatangi situs bersejarah ini guna mengagumi perabadan di masa lampau. Foto/iStock
JAKARTA - Ada beberapa candi terbesar di dunia yang patut Anda ketahui. Candi belakangan menjadi salah satu destinasi wisata, di mana jutaan pelancong kerap mendatangi situs bersejarah ini guna mengagumi perabadan di masa lampau.

Candi sejatinya merupakan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu dan Buddha. Bangunan ini di zaman dulu didirikan sebagai bentuk persembahan buat dewa dan dewi Hindu, ataupun penghormatan terhadap sang Buddha.

Namun kini, candi merupakan situs yang selalu mengundang wisatawan untuk datang berkunjung. Tak sedikit yang mengunjungi candi demi menyaksikan langsung sisa keagungan masa lampau, seperti yang dapat ditemui pada Candi Borobudur yang ada di Indonesia.



Borodubur sendiri merupakan candi terbesar di Tanah Air. Di mancanegara pun bangunan candi dapat ditemui, bahkan menjadi kompleks yang begitu luas dan besar. Berikut adalah beberapa candi terbesar di dunia yang bisa Anda ketahui.



Candi Terbesar di Dunia

1. Angkor Wat



iStock

Candi terbesar di dunia yang pertama adalah Angkor Wat. Candi ini berada di Krong Siem Reap, Kamboja. Luas situs candi ini sekitar 162,6 hektar yang pada awalnya didedikasikan untuk dewa Hindu yaitu Siwa, Brahma, dan Wisnu. Namun, fungsi Angkor War dialihfungsikan menjadi candi atau bangunan keagamaan Budha menjelang akhir abad ke-12. Angkor Wat telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1992.

2. Karnak



iStock

Candi terbesar di dunia selanjutnya yakni Karnak yang berlokasi di Mesir. Candi ini dibangun untuk didedikasikan kepada Dewa Amon-Ra, dewa utama di masa Mesir Kuno. Karnak terdiri atas candi-candi lain di sekitarnya. Kompleks candi ini mencakup area seluas 200 hektar. Karnak ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979. Meski bangunannya sudah rusak, Karnak tetap menjadi kompleks candi terbesar di dunia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More