Awas Situs PeduliLindungi Palsu, Ini Letak Perbedaannya dengan yang Asli

Minggu, 12 September 2021 - 09:47 WIB
loading...
Awas Situs PeduliLindungi Palsu, Ini Letak Perbedaannya dengan yang Asli
Selama pandemi Covid-19, banyak sekali hoax dan modus penipuan, salah satunya adalah pemalsuan aplikasi PeduliLindungi. Foto Ilustrasi/Antara/M Risyal Hidayat
A A A
JAKARTA - Selama pandemi Covid-19 , banyak sekali hoax dan modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah pemalsuan aplikasi PeduliLindungi yang ramai diperbincangkan masyarakat belum lama ini.

Situs PeduliLindungi palsu itu belakangan ini beredar dengan tautan http://www.pedulilindungia.com/. Tampilan situs tersebut dibuat sama persis dengan situs resminya dan juga ada laman untuk memasukkan data pengguna serta informasi terkait Covid-19.



Meski serupa, namun situs palsu itu memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan utamanya terletak pada bagian domain. Situs PeduliLindungi yang asli adalah pedulilindungi.id, sementara aplikasi yang palsu adalah pedulilindungia.com.

Selain itu, pada situs yang palsu juga terdapat tambahan huruf A pada akhir tautan pedulilindungi. Terdapat pula informasi dengan nomor rekening bank BCA atas nama Nurmainah.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau berhati-hati saat membuka aplikasi PeduliLindungi. Bagi Anda yang ingin melihat sertifikat vaksin Covid-19, maka bisa men-download aplikasinya melalui App Store dan Playstore, atau bisa mengaksesnya langsung melalui web.



Setelah masuk, Anda cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengetahui status vaksinasi. Tak hanya itu, Anda juga dapat memeriksa riwayat hasil tes Covid-19 yang telah dijalani.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)