14 Daerah di Indonesia yang Memiliki Banyak Pantai

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:21 WIB

4. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat memiliki pantai di pantai utara maupun pantai selatan. Namun, yang terkenal adalah pantai di pantai selatan karena memiliki ombak yang besar dan jadi tujuan untuk berselancar. Sebut saja Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaras, Pantai Cijayana, Pantai Cimaja, Pantai Karang Hawu, Pantai Karang Paranje, Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo, dan Pantai Ujung Genteng.

5. Jawa Tengah

Jawa Tengah juga punya banyak pantai. Tercatat ada puluhan pantai di provinsi ini, yang tersebar di daerah pesisir bagian utara maupun selatan.

Pantai di Jawa Tengah yang bisa disebutkan antara lain Pantai Karang Bolong di Cilacap, Pantai Alam Indah, Pantai Tirto Samodra (Pantai Bandengan), Pantai Kartini, Pantai Blebak, Pantai Ombak Mati, Pantai Pecatu (Pantai Gua Manik), Pantai Pailus, Pantai Suweru, Pantai Empurancak, Pantai Karimun Jawa, Pantai Barakuda, Pantai Legon Lele, Pantai Tanjung Gelam, Pantai Karang Bolong, dan masih banyak lagi.

6. Yogyakarta

Pantai-pantai di Yogyakarta terletak di pesisir selatan. Pantai yang terkenal di provinsi ini adalah Parangtritis dan Parangkusumo.

Selain dua pantai tersebut, masih ada puluhan pantai lain di Yogyakarta, antara lain Pantai Baron, Pantai Congot, Pantai Depok, Pantai Drini, Pantai Glagah, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenean, Pantai Pok Tunggal, Pantai Sadeng, Pantai Sepanjang, Pantai Siung, Pantai Sundak, Pantai Trisik, dan Pantai Wediombo.



7. Jawa Timur

Wilayah utara maupun selatan Jawa Timur memiliki banyak pantai. Tercatat ada ratusan pantai yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa Timur. Sebut saja Pantai Balekambang, G-Land atau Pantai Plengkung, Pantai Goa Cina, Pantai Klayar, Pantai Ngliyep, Pantai Puger, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Sukamade.

Selain itu ada juga Pantai Tamban, Pantai Watu Karung, Pantai Wedi Ireng, dan lain sebagainya.

8. Bali

Bali sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, memiliki ratusan pantai. Pantai-pantai di Bali sudah sangat terkenal.

Bali sendiri dikelilingi oleh pantai dan terumbu karang. Sebagian besar pantainya berupa variasi pantai berpasir cokelat atau abu-abu. Sedangkan pantai berpasir putih tidak begitu umum.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More