Apakah Pola Makan Bikin Wanita Lebih Cepat Hamil?

Kamis, 18 Juli 2024 - 08:43 WIB
Tapi bagaimana dengan makanan lain? Apakah ada nutrisi tertentu yang terbukti meningkatkan kesuburan?

Menurut pakar kesuburan, tidak ada satu pun makanan ajaib yang bisa menyelesaikan semua masalah kesuburan. Namun, pola makan memang bisa berperan bermanfaat dalam proses hamil.

Secara tradisional, diskusi seputar makanan apa yang dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Namun, ini telah bergeser dan lebih fokus pada kesuburan pria.

Dalam sebuah penelitian pada 2015 terhadap pasangan yang menjalani program bayi tabung, pria yang mengonsumsi daging, khususnya jenis daging yang mereka konsumsi, memiliki pengaruh yang terukur terhadap tingkat pembuahan.

Secara keseluruhan, mengonsumsi lebih banyak unggas berdampak positif terhadap kesuburan, sedangkan mengonsumsi lebih banyak daging olahan (seperti bacon dan sosis) berdampak negatif.



Faktanya, pria yang paling sedikit mengonsumsi daging olahan, rata-rata kurang dari 1,5 porsi per minggu, memiliki peluang 82% untuk hamil bersama pasangannya.

Sebaliknya, pria yang paling banyak makan daging olahan hanya memiliki peluang 54% untuk hamil bersama pasangannya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa bahkan setelah pembuahan, pola makan seorang ayah secara tidak langsung dapat mempengaruhi perkembangan kesehatan bayinya.

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Queensland di Australia, pola makan laki-laki sangat mempengaruhi pola makan perempuan, sehingga secara tidak langsung berdampak pada bayi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More