8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 10:20 WIB

3. Masalah Saraf



Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi saraf yang sehat. Kekurangannya dapat menyebabkan gejala neurologis seperti kesemutan dan kebas, terutama di tangan dan kaki. Kesulitan berjalan Karena kerusakan saraf yang menyebabkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan. Selain itu, kelemahan otot dan kram.

4. Gangguan Mental



Kekurangan vitamin B12 dapat memengaruhi fungsi otak, yang dapat menyebabkan kebingungan dan kehilangan memori, pada kasus yang parah terjadi demensia, dan depresi atau perubahan mood.

5. Lidah Meradang dan Mulut Sakit



Gejala pada mulut dan lidah termasuk glossitis yang ditandai dengan lidah bengkak, merah, dan meradang. Mulut dan lidah terasa sakit biasanya disertai dengan sensasi seperti terbakar serta luka di mulut seperti bibir pecah-pecah.

6. Gangguan Penglihatan



Kekurangan vitamin B12 yang parah dapat menyebabkan kerusakan saraf optik, yang mengakibatkan penglihatan kabur dan penurunan penglihatan, yang mana kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap.

7. Masalah Pencernaan



Beberapa orang dengan kekurangan vitamin B12 sering mengalami nafsu makan berkurang yang menyebabkan penurunan berat badan. Kemudian mual dan muntah serta diare.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More