KUBI, Inspirasi bagi Pengembangan Musik di Indonesia

Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:33 WIB
“Yang saya lihat dengan forum ini, saya masih ingat betapa sulitnya mencari referensi untuk belajar paling gampang kalau punya duit ke amerika aja sekolah, sekarang uda banjir referensi, akhirnya sekarang jauh lebih melimpah lebih mudah bukan hanya keyboard tapi juga soal conducting klik sana sini kita bisa tahu,” kata Addie MS.

“Forum atau asosiasi seperi ini tumbuh sendiri yang saya lihat ada satu rasa kerinduan sebagai makhluk sosial, ketika kumpul ketemu sesama keyboardist seringkali muncul ide yang sifatnya artistik atau masa depan kita,” lanjutnya.

Pada 26 Agustus 2024, KUBI melaksanakan program pendidikan musik pertama di DSS Music sebagai langkah awal menjalankan agenda-agenda penting lainnya. KUBI berharap dapat bersinergi dengan berbagai pihak untuk memajukan dunia musik Indonesia, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi bangsa melalui musik.

"Kita butuh berkumpul, berserikat untuk memperjuangkan sesuatu secara kolektif, lebih punya suara. Saya mendukung terbentuknya KUBI yang diisi orang-orang hebat," ucap Candra Darusman. "Selamat buat KUBI, saya akan support," tambah Addie MS.

Sebagai informasi, KUBI atau Kibordis Untuk Bangsa Indonesia awalnya merupakan sebuah komunitas kibordis dan pianis yang didirikan pada Agustus 2015 atas inisiatif Fadhil Indra.

Komunitas itu dibentuk untuk mempererat tali silaturahmi sesama kibordis dan pianis dari semua jenis musik. Dari hanya beberapa gelintir anggota, KUBI makin berkembang selaras dengan bertambahnya anggota KUBI yang saling membagi ilmu dalam bidang musik.

Pada Februari 2017, anggota merencanakan sebuah pagelaran 100 Kibordis dan berkonsultasi kepada Donny Hardono yang juga seorang kibordis senior. Donny Hardono kemudian membantu KUBI dalam melakukan segala persiapan teknis maupun nonteknis dan konser pertama KUBI dilaksanakan pada 20 Mei 2017 di Graha Bhakti Budaya Jakarta.

Pada saat itu penampilan musik terbagi dalam beberapa jenis yaitu, klasik, elektronik, jazz, pop, dangdut, anak-anak, world music, dan rock. Kegiatan yang melibatkan 132 pianis serta kibordis tersebut dicatatkan sebagai World Record Holder oleh Record Holders Republic. Selain itu, Konser 100 Kibordis juga diadakan dalam rangka peresmian 100 RPRTA pada 10 Oktober 2017 di Monas.

Dengan bertambahnya anggota, maka tumbuh ide agar KUBI bisa berkontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan dapat memajukan bangsa melalui musik, dalam membuat lagu baru, dan pendidikan. Ide-ide tersebut telah terkumpulkan, namun pada 2020 pandemi melanda seluruh dunia dan membuat industri musik diam.

Meski demikian,ide-ide agar KUBI berkembang tetap kuat. KUBI bekerja sama dengan PAPPRI melaksanakan konser 100 Vokalis 100 Kibordis di Kemang Village pada 18 Maret 2023 dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional. KUBI melanjutkan dan mengembangkan ide-idenya pada 2023 sehingga diputuskan agar KUBI menjadi organisasi resmi. Munas pertama dilakukan pada 2 Desember 2023 di DSS Music yang sekaligus menjadi kantor sekretariat KUBI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More