Mpox Berpotensi Menjadi Pandemi, Pakar Kesehatan Minta Masyarakat Waspada

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 16:20 WIB


Virus Mpox sendiri memiliki genomik DNA yang panjang. Sehingga berdasarkan teorinya, virus ini akan mengalami evolusi yang lebih lambat dibandingkan dengan virus dengan genomik yang lebih pendek, misalnya SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

“Para ahli masih terus mempelajari evolusi virus ini, karena dengan adanya perubahan virus bisa menyebabkan timbulnya clade (sebuah bagian dari virus) yang lebih mudah menular dan lebih menimbulkan sakit berat," ujarnya.

Menurutnya, Mpox telah disebut sebagai keadaan darurat lantaran telah menimbulkan banyak kematian. Meski sebagian besar orang yang mengalami penyakit ini memiliki gejala yang ringan, namun bentuk infeksi yang berat dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu, penyakit ini tidak dapat dianggap remeh.

"Penanganan pencegahan yang tidak akurat akan menyebabkan penyebaran infeksi virus ini sehingga akan berpotensi menjadi pandemi," ungkapnya.



Di sisi lain, ia menekankan pemerintah dapat segera membuat sebuah sosialisasi mengenai Mpox kepada masyarakat khususnya tentang penyebaran dan gejala virus ini. Testing juga harus dilakukan untuk mengetahui kelompok orang yang terinfeksi dan lebih cepat memutus transmisi.

"Saya menyarankan agar pemerintah dapat membuka jalur informasi seperti call center sehingga jika ada informasi dari masyarakat dapat tersampaikan dan pemerintah dapat mengambil langkah-langkah mitigasi," pungkasnya.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More