Kota Bandung Wujudkan Bebas DBD Lewat Gerakan #Ayo3MPlusVaksinDBD

Senin, 09 September 2024 - 01:00 WIB
Sementara itu, dr. Buti A. Azhali, SpA, MKes, dokter spesialis anak yang menjadi pembicara dalam talk show mengungkap bahwa masih banyak miskonsepsi seputar DBD yang beredar di masyarakat. Sebagian orang yang pernah terinfeksi DBD beranggapan bahwa mereka sudah kebal. Padahal, karena adanya 4 serotipe virus dengue, infeksi DBD bisa berulang, bahkan berisiko lebih parah.

Oleh karena itu, memastikan perlindungan yang lebih baik melalui langkah-langkah pencegahan yang tepat sangatlah penting. Salah satunya melalui metode vaksinasi. Saat ini, vaksin DBD yang tersedia dapat diberikan kepada kelompok usia 6-45 tahun dan telah direkomendasikan penggunaannya oleh beberapa asosiasi medis, termasuk oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bagi anak usia 6-18 tahun, dan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) bagi usia 19-45 tahun



“Namun demikian, untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, vaksinasi harus dilakukan secara lengkap sesuai dosis yang dianjurkan. Namun demikian, untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, vaksinasi harus dilakukan secara lengkap sesuai dosis yang dianjurkan. Terkait dengan pemberian vaksin secara bersamaan dengan vaksin lain, tentunya masyarakat perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter tentang hal tersebut,” ungkap dr. Buti.

Salah satu pengisi acara pada tanggal 7 September 2024, Marc Klok, Gelandang Tengah dan Kapten Klub Liga 1, Persib Bandung, menyampaikan, “Sekarang saya merasa tenang, memiliki peace of mind, karena telah mendapatkan perlindungan yang optimal dari DBD. Untuk itu, tunggu apa lagi? Ayo mengambil langkah yang sama, agar mendapatkan perlindungan bagi diri sendiri dan keluarga dari ancaman DBD.”

Tidak hanya Marc Klok, kegiatan Langkah Bersama Cegah DBD yang menyasar lebih dari 1.500 peserta ini, juga mendapatkan dukungan dari public figure lainnya seperti Ricky Harun dan Fitri Tropica. Selain itu, sebelum acara utama di tanggal 6-8 September 2024, telah diselenggarakan pula kegiatan pembuka di Taman Kiara pada tanggal 31 Agustus 2024 yang mencakup Parade Cegah DBD; Ngobrol Sehat (talk show); Bergerak Sehat bersama Liza Natalia, Zin Intan, dan Zin Wulan; lomba mewarnai untuk anak-anak; dan banyak lagi.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More