Terobosan Baru Pengobatan Kanker Payudara, Pentingnya Diagnosis HER2

Rabu, 11 September 2024 - 00:05 WIB
Dengan Terapi Target, lanjut dr Andhika, pendekatan pengobatan kanker payudara menjadi lebih spesifik dan terarah. "Membuka peluang lebih besar untuk hasil yang lebih baik bagi pasien yang sebelumnya tidak bisa mendapatkan terapi targeted," paparnya.

Pada pengobatan menggunakan trastuzumab, pasien menerima pengobatan selama setahun. "Ini biasanya dibagi menjadi beberapa kali pemberian, mungkin 17 kali selama periode tersebut. Namun, setiap respons terhadap pengobatan harus dipantau, termasuk dengan tes seperti IHK," jelas dr Andhika.

Setelah pengobatan awal, kanker payudara bisa kambuh dan bermetastasis ke organ lain, seperti hati atau tulang. Dalam kasus ini, biopsi ulang sering kali diperlukan untuk memastikan apakah kanker yang muncul memiliki sifat yang sama dengan kanker awal.

"Namun, banyak pasien enggan menjalani biopsi lagi karena sudah lelah secara fisik dan mental akibat perawatan sebelumnya seperti kemoterapi atau radiasi," jelas dr Andhika.

Terutama saat pengobatan kanker, terutama dengan terapi hormonal, dr Andhika menyebut bisa memiliki efek samping psikologis yang signifikan. Pasien sering kali mengalami kelelahan mental, dan beberapa mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, seperti depresi atau keinginan bunuh diri.

"Ini terutama terjadi pada pasien yang menjalani terapi hormonal, di mana terapi tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh, menyebabkan perasaan seperti yang dialami orang hamil atau menopause," jelas dr Andhika.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More