5 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Mudah Dilakukan

Selasa, 17 September 2024 - 07:00 WIB

2. Vrikshasana



Vrikshasana merupakan cara yang bagus untuk menurunkan ketegangan dan meningkatkan fokus serta keseimbangan, yang keduanya dapat membantu mengatur kadar gula darah. Gerakan ini meningkatkan sirkulasi dan memperkuat otot inti.

Berdiri tegak dan seimbangkan tubuh dengan satu kaki. Telapak kaki kedua harus berada di paha bagian dalam, jangan letakkan di lutut. Angkat telapak tangan di atas kepala atau rapatkan di dada. Tarik napas beberapa kali untuk menahannya, lalu balikkan tubuh.



3. Dhanurasana



Salah satu organ perut yang diregangkan selama Dhanurasana adalah pankreas. Gerakan ini juga meningkatkan kinerja kelenjar endokrin, yang mengatur gula darah. Gerakan ini juga memperkuat tulang belakang, meningkatkan pencernaan, dan meluruskan postur tubuh.

Berbaringlah tengkurap dengan lengan di samping tubuh. Angkat tubuh dari lantai, luruskan kaki, tekuk lutut, dan rentangkan lengan ke belakang untuk memegang pergelangan kaki. Tahan posisi ini selama 15 hingga 20 detik, fokus pada pernapasan, lalu lepaskan dengan lembut.

4. Paschimottanasana



Bagi penderita diabetes, posisi meditasi paschimottanasana dapat membantu pencernaan dan stimulasi pankreas. Selain meredakan ketegangan punggung bawah dan menurunkan kecemasan, membungkuk ke depan ini mendorong kerangka berpikir rileks yang membantu menstabilkan gula darah.

Dengan kaki terentang lurus di depan Anda, duduklah di lantai. Tarik napas dalam-dalam, lalu lepaskan sambil membungkuk ke depan dari pinggul dan meraih jari-jari kaki Anda. Saat Anda mengambil beberapa napas dalam ke gerakan ini, jaga tulang belakang tetap lurus untuk memaksimalkan peregangan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More