7 Pantai Pasir Putih di Jawa Timur, Green Bay Jadi Surga Tersembunyi di Banyuwangi

, - : WIB
JAKARTA - Pantai pasir putih menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Ini karena memberikan pemandangan yang mampu memanjakan mata.

Pantai pasir putih biasanya terbuat dari serpihan karang yang hancur akibat erosi gelombang pantai. Serpihan karang ini terdiri dari kalsium karbonat dan berbagai mineral, yang memberikan warna putih pada pasir.

Baca Juga:



Tak hanya itu, kandungan kristal kuarsa murni tanpa polusi turut memperkuat kejernihan dan kilauan putihnya, menciptakan pemandangan pantai yang begitu menawan dan bersih. Jika penasaran, di Jawa Timur ada banyak pantai pasir putih. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Pantai Pasir Putih di Jawa Timur

1. Pantai Goa Cina, Malang

Pantai Goa Cina memiliki panorama alam yang cantik. Tidak saja memiliki pasir yang putih, juga dikelilingi tiga pulau, yakni Bantengan, Goa Cina dan Pulau Nyonya.

Tak heran jika pantai ini memiliki gelombang yang datang dari tiga arah yang berbeda sehingga terjadi arus gelombang yang bertabrakan dan menciptakan suara gemuruh khas pantai.

2. Pantai Papuma, Jember

Nama Pantai Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan (Papuma), yang terletak di Kabupaten Jember. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang indah, dan berbagai batu karang yang menjulang tinggi di sekeliling garis pantai. Biasanya para wisatawan dan fotografer memadati pantai ini untuk menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset), karena kecantikannya.

3. Pantai Gili Labak, Madura

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil di Kabupaten Sumenep, Madura, yang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih, dan air laut yang jernih. Bukan hanya itu, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang cantik, dan beragam biota laut yang menawan. Karena itu, pulau ini bisa menjadi pilihan sempurna untuk kamu yang menggemari kegiatan snorkeling dan diving, ketika mengunjungi pantai.

4. Pantai Balekambang, Malang

Kalau Bali punya Tanah Lot, Jawa Timur punya Pantai Balekambang. Pantai ini terletak di Malang, dan dikenal sebagai ‘Tanah Lotnya Jawa Timur’, karena memiliki pura yang berdiri di atas batu karang yang besar, yang berada di tengah laut. Tentunya pantai ini juga menyuguhkan pasir putih yang bersih nan indah, dan ombak yang tenang. Pantai ini bisa jadi rekomendasi untukmu yang ingin membawa keluarga, karena sangat cocok untuk berenang, dan bermain air.

5. Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar menawarkan pemandangan yang unik dengan batu karang yang berbentuk layaknya tebing, dan bunyi ombak yang menghantam keras. Selain itu, ada pula Seruling Samudra, batu karang yang dapat mengeluarkan suara mirip seruling, ketika ombak menghantamnya, dan juga memiliki pasir putih yang sangat lembut.

6. Pantai Teluk Hijau (Green Bay), Banyuwangi

Pantai Teluk Hijau, atau Green Bay, disebut sebagai hidden paradise atau surga tersembunyi di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi. Pantai ini terkenal dengan air lautnya yang jernih, dan pasir putih yang indah. Namun untuk mengakses pantai ini, kamu akan menghadapi petualangan melalui hutan dan perbukitan terlebih dahulu, yang akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Green Bay.

7. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, yang memiliki pemandangan unik. Pantai ini memiliki air terjun kecil yang mengalir langsung ke laut. Yang makin menarik, pemandangan air terjun yang jatuh ke pantai pasir putih ini menciptakan panorama yang luar biasa.

Buat kamu yang sedang mencari destinasi wisata untuk healing bersama keluarga maupun dengan teman, dan tidak ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di perjalanan, jangan lupa masukan 7 pantai pasir putih diatas ke itinerary kamu selama liburan nanti ya, selamat healing!

MG/Jasmine Putri Kusuma
(tdy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More