8 Makanan yang Bikin Cepat Tua, dari Gorengan hingga Daging Olahan

Minggu, 13 Oktober 2024 - 15:20 WIB
Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin atau tinggi sodium juga bisa membuatmu terlihat lebih cepat tua. Pasalnya, terlalu banyak makan garam dapat membuat tubuh menumpuk air, sehingga tampilan kulit menjadi sembap dan tidak segar.

4. Makanan tinggi gula

Makanan yang mengandung tinggi gula dapat merusak kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang menyusun kulit, kuku, dan jaringan lain pada tubuh.

Kerusakan kolagen ditandai dengan kulit yang kendur, kering, dan kusam. Asupan gula pada makanan manis membuat hilangnya kehalusan dan kekencangan pada kulit.

Produksi kolagen yang buruk membuat kulit cepat mengalami keriput dan penuaan. Meskipun secara alami seiring dengan pertambahan usia produksi kolagen akan menurun, namun kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula dapat mempercepat proses penuaan.

5. Makanan cepat saji

Jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, maka hindari makanan cepat saji sesering mungkin. Orang yang terlalu sering makan makanan cepat saji olahan cenderung mengalami perubahan dalam kromosom terkait dengan penuaan.

Mengonsumsi 3 porsi atau lebih makanan cepat saji per hari akan menyebabkan peningkatan drastis dari kemungkinan muncul untai DNA dan protein yang disebut telomer.

6. Makanan yang digoreng

Semua makanan yang digoreng dalam rendaman minyak, misalnya gorengan, kentang goreng atau ayam goreng, bisa melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel pada kulit. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan karena bisa melemahkan elastisitas kulitmu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More