5 Makanan Penyebab Batu Empedu, Nomor 3 Dikonsumsi Tiap Hari

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:40 WIB

2. Karbohidrat Olahan



Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan kue kering, tidak mengandung serat dan nutrisi penting. Pola makan yang mengandung banyak karbohidrat olahan ini dapat meningkatkan risiko batu empedu dengan menyebabkan lonjakan kadar gula darah serta insulin, yang dapat berdampak negatif pada produksi empedu.

Makanan yang harus dihindari meliputi nasi putih, roti putih, dan pasta biasa. Sereal manis dan oatmeal instan. Untuk mendukung kesehatan kandung empedu, beralihlah ke biji-bijian utuh seperti beras merah, roti gandum utuh, dan quinoa.



3. Makanan Berlemak Tinggi dan Gorengan



Gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak tidak sehat, seperti makanan cepat saji, camilan olahan, dan daging goreng, dapat memicu masalah kandung empedu. Makanan ini sulit dicerna dan dapat membebani kandung empedu, yang dapat mengakibatkan peradangan.

Batu empedu terjadi ketika empedu mengandung kolesterol dalam jumlah berlebihan, juga bisa diperburuk oleh kandungan lemak yang tinggi. Contoh makanan, kentang goreng, ayam goreng, dan keripik kentang.

4. Daging Olahan



Daging olahan seperti daging beku mengandung banyak lemak tidak sehat dan bahan pengawet. Makanan ini dapat membebani kantong empedu dan dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu empedu.

Kandungan natrium yang tinggi dalam daging olahan dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan pada kantong empedu. Contoh makanan yang harus dihindari seperti salami, pepperoni, dan bologna, hingga daging kemasan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More