4 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Garam, Waspada Hipertensi hingga Serangan Jantung

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:40 WIB
Mengurangi asupan garam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kesehatan ini.

2. Memperburuk Fungsi Ginjal



Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring kelebihan garam dan cairan dari darah. Bila asupan garam terlalu banyak, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.

Tekanan akibat asupan garam yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat merusak fungsi ginjal, yang pada akhirnya menyulitkan ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan retensi cairan, yang menyebabkan pembengkakan pada tangan, kaki, atau tungkai (edema).

3. Melemahkan Tulang



Salah satu dampak garam berlebih yang sering diabaikan adalah efek sampingnya pada kesehatan tulang. Saat kadar garam dalam tubuh tinggi, tubuh cenderung kehilangan lebih banyak kalsium melalui urine.

Hilangnya kalsium, mineral yang sangat penting untuk kekuatan tulang, dapat melemahkan tulang seiring waktu, membuatnya lebih rentan terhadap patah tulang dan kondisi seperti osteoporosis. Mengonsumsi makanan dengan kadar garam sedang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko kekurangan kalsium.



4. Meningkatkan Risiko Masalah Jantung



Garam tidak hanya memengaruhi tekanan darah, tetapi juga secara tidak langsung memengaruhi jantung sebagai akibat nyata dari peningkatan tekanan darah. Asupan garam yang tinggi telah dikaitkan dengan kondisi seperti serangan jantung dan gagal jantung.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More