10 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Garam, Waspada Kaki Bengkak

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:35 WIB
loading...
10 Tanda Tubuh Terlalu...
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat berdampak negatif pada kesehatan dan tubuh akan memberikan beberapa tanda sebagai sinyal bahwa konsumsi garam berlebihan. Foto/Istock Photo Quanthem
A A A
JAKARTA - Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat berdampak negatif pada kesehatan dan tubuh akan memberikan beberapa tanda sebagai sinyal bahwa konsumsi garam berlebihan. Garam merupakan salah satu bumbu penyedap yang dapat memberi rasa pada makanan dan berfungsi sebagai pengawet.

Garam mengandung 60 persen klorida dan sekitar 40 persen natrium. Garam yang dikonsumsi bisa membantu mengendurkan dan mengontraksikan otot, membantu impuls saraf, dan menyeimbangkan mineral serta air yang dikonsumsi.

Tubuh hanya membutuhkan sedikit natrium, yang mana harus mendapatkan sekitar 1.500 miligram setiap hari. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Garam



Berikut tanda tubuh terlalu banyak konsumsi garam dilansir dari Web MD, Selasa (14/5/2024).



1. Kembung


Kembung terjadi ketika perut terasa bengkak atau kencang, adalah salah satu efek jangka pendek yang paling umum dari terlalu banyak garam. Ini membantu tubuh menahan air, sehingga cairan ekstra menumpuk. Makanan tidak harus terasa asin karena mengandung banyak natrium. Sandwich, pizza, bagel, dan sup kalengan bisa menjadi sumber garam yang berbahaya.

2. Tekanan Darah Tinggi


Ada banyak alasan mengapa Anda menderita tekanan darah tinggi, tetapi salah satunya karena terlalu banyak natrium. Perubahan tekanan darah terjadi melalui ginjal. Terlalu banyak garam membuat ginjal lebih sulit membuang cairan yang tidak Anda perlukan. Akibatnya, tekanan darah menjadi naik.

3. Bengkak


Pembengkakan bisa menjadi tanda terlalu banyak natrium dalam tubuh. Bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, dan pergelangan kaki kemungkinan besar mengalami pembengkakan. Jika Anda lebih bengkak dari biasanya, lihatlah berapa banyak garam yang dimakan.

4. Haus


Jika akhir-akhir ini Anda merasa sangat haus, bisa jadi itu pertanda terlalu banyak mengonsumsi garam. Jika itu terjadi, Anda mengalami dehidrasi. Tubuh menarik air dari sel-sel, dan Anda akan mulai merasa sangat haus. Minum air dapat membantu menetralkan garam dan menyegarkan sel-sel tubuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)