10 Rempah-rempah Ini Paling Banyak Ditanam di Rumah, Cek Khasiatnya

Minggu, 20 September 2020 - 08:30 WIB


Kencur kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu. Meski begitu, kencur juga dapat membuat aroma masakan menjadi lebih sedap. Tanaman ini bisa ditanam di pot berukuran sedang. Berbeda dengan tanaman rempah sebelumnya, tanaman ini harus ditaruh di tempat teduh. (Lihat grafis: Pelarangan Masker Scuba dan Buff di KRL Harus di Sosialisasi Masif)

6. Bawang Merah



Rempah yang selalu diduetkan dengan bawang putih ini juga bisa ditanam di pekarangan rumah. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah. Maka dari itu menanam bawang merah di pekarangan rumah dinilai sangat bermanfaat. (Baca juga: Gosokkan Bawang Merah ke Punggung Tangan, Lalu Lihat Khasiatnya)

7. Temu Kunci



Temu kunci bisa digunakan untuk membuat sayur bayam dan tahu gejrot. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 30-80 cm ini memiliki rimpang berwarna kuning. Rimpang temu kunci memiliki aroma kuat. Rempah ini bisa ditanam di tanah yang lembab. Pastikan tanaman terkena sinar matahari. (Baca juga: Berkebun, Penghilang Stres di Masa Pandemi Corona)

8. Ketumbar



Menanam ketumbar cukup mudah untuk dilakukan. Ketumbar tidak memerlukan banyak sinar matahari. Cukup dengan meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh. Biji dan daun dari tanaman rempah ini bisa dimanfaatkan. Bijinya bisa digunakan untuk membuat dendeng, bacem atau ayam bakar. Sedangkan daunnya bisa digunakan untuk membuat soto atau sup ayam. (Baca juga: Tips Cegah Diabetes dan Osteoporosis dengan Biji Ketumbar, Begini Caranya)

9. Bawang Putih



Sama seperti bawang merah, bawang putih juga menjadi salah satu rempah yang selalu digunakan untuk berbagai masakan. Selain menjadi menu masakan, bawang putih juga kerap digunakan untuk membuat sambal. Menanam bawang putih juga tidak sulit, bisa dengan menanam sebonggol bawang putih dalam tanah yang sudah dicampur media tanamnya. (Baca juga: Khasiat Bawang Putih, mulai Kesehatan Jantung hingga Kesehatan Kulit)

10. Jintan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More