Ini Manfaat Saat Ibu Menyentuh Anak Dengan Lembut

Jum'at, 11 Desember 2020 - 21:00 WIB
foto / dok Nivea
JAKARTA - Mempererat bonding atau ikatan emosional antara ibu dan anak bisa dilakukan setiap hari dengan adanya sentuhan keduanya. Dokter Anak sekaligus Ahli Neurologi, dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A(K) mengatakan, “Sentuhan ibu di masa kehamilan hingga bayi telah lahir sangatlah penting untuk stimulasi otak bayi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu sejak anak dalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun (24 bulan),’’ jelasnya saat menjadi pembicara di talkshow Nivea Sentuhan Ibu 2020 secara virtual, beberapa waktu lalu.



Dokter Herbowo menambahkan, pada periode tersebut terjadi pertumbuhan yang sangat pesat pada anak dimana fondasi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal di seluruh umur ditetapkan.



Penelitian, ujarnya menunjukkan bahwa anak yang rutin distimulasi secara skin to skin oleh ibunya cenderung memiliki kemampuan mengenali perubahan afeksi (perasaan) pada ibunya lebih dini dibanding bayi yang tidak distimulasi. ‘’Bayi yang rutin diberi stimulasi sentuhan juga cenderung memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan memiliki peningkatan kemampuan bicara,’’ imbuhnya.



Sebagai indera sentuhan, kesehatan kulit menjadi salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi proses bonding antara ibu dan anak. ‘’Akan tetapi, banyak ibu yang biasanya justru memilih untuk menghentikan perawatan kulit selama masa kehamilan karena khawatir bahan yang terkandung di dalam produk skincare membahayakan bagi janin. Padahal pada masa kehamilan, kulit ibu cenderung mengalami perubahan yang dapat mengurangi kenyamanan,’’paparnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More