Ini Sejarahnya, Gingerbread House yang Ada di Film Bertema Natal

Kamis, 24 Desember 2020 - 13:55 WIB
foto / dok istimewa
JAKARTA - Gingerbread house atau rumah kue jahe identik dengan Natal. Rumah kue jahe juga kerap ditampilkan di banyak film bertemakan Natal . Sesuai dengan namanya, panganan ini berbentuk seperti bangunan yang terbuat dari adonan kue, dipotong dan dipanggang menjadi komponen yang sesuai seperti dinding dan atap.

Biasanya bahan yang digunakan adalah biskuit jahe renyah yang terbuat dari roti jahe, kacang jahe. Jenis lain pembuatan panganan ini dengan roti jahe menggunakan adonan rebus yang bisa dicetak seperti tanah liat untuk membentuk patung yang bisa dimakan atau hiasan lainnya.





Agar semakin menarik, rumah-rumah ini dihias dengan berbagai macam permen dan lapisan gula. Tradisi dekorasi rumah roti jahe dimulai di Jerman pada awal 1800-an, yang konon dipopulerkan setelah dongeng Hansel dan Gretel yang diterbitkan pada tahun 1812. Terinspirasi oleh ceritanya, pembuat roti Jerman mulai membuat rumah-rumah kecil yang dihias dari lebkuchen atau biskuit madu berbumbu.

Akar jahe pertama kali dibudidayakan di Tiongkok sekitar 5.000 tahun yang lalu, dan dianggap memiliki khasiat obat dan magis. Kapan kegunaannya sebagai pengawet ditemukan tidak jelas, tetapi beberapa sejarawan makanan mengatakan bahwa resep pertama untuk roti jahe berasal dari sekitar 2400 SM di Yunani.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More