Kasus Kanker Usus Terus Meningkat, Kenali Risiko dan Gejalanya!

Kamis, 28 Januari 2021 - 15:00 WIB
Di Indonesia kanker usus menyerang usia di bawah 50 tahun. Ketahu risiko dan gejala, untuk mencegahnya. Foto/Istimewa
JAKARTA - Karakteristik penderita kanker kolorektal atau usus besar di Indonesia agak berbeda dengan di negara maju. Di Indonesia, 51% dari seluruh penderita berusia di bawah 50 tahun dan pasien di bawah 40 tahun berjumlah 28.17%. Kanker kolorektal merupakan keganasan ketiga terbanyak di dunia dan penyebab kematian kedua terbanyak (terlepas dari gender) di Amerika Serikat. Studi terbaru menemukan bahwa negara berkembang, khususnya di Asia, insiden kanker cenderung meningkat.

Tingkat kejadian kanker seperti paru-paru dan kolorektal di beberapa negara Asia telah melampaui negara-negara Barat. Perubahan ini mungkin karena adopsi gaya hidup terkait kanker seperti merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, obesitas dan diet tinggi lemak dan rendah serat, faktor risiko lingkungan dan pekerjaan seperti polusi udara, asap dalam ruangan dari penggunaan bahan bakar padat rumah tangga; dan terkontaminasi suntikan dalam perawatan kesehatan.



Gejala kanker kolorektal seringkali dirasakan oleh pasien ketika kanker sudah berkembang jauh. “Jenis gejalanya tergantung kepada ukuran dan lokasi tumbuhnya kanker,” kata Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP, Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM pada Virtual Media Briefing. Perhatikan beberapa gejala berikut:

• Diare atau konstipasi.



• Buang air besar yang terasa tidak tuntas.

• Darah pada tinja.

• Mual.

• Muntah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More