Kemiri dan Ketumbar Kunci Rahasia Mi Ayam Jawa, Begini Tips Membuatnya

Selasa, 02 Februari 2021 - 12:07 WIB
Minyak goreng

Bawang goreng

Cara membuat:

Kaldu ayam, rebus air dalam panci, setelah mendidih masukan potongan ayam. Rebus sampai agak empuk, tiriskan, suwir-suwir agak besar. Kaldu akan dipakai untuk kuah, tambahkan, garam atau penyedap rasa dan merica putih.




Bumbu halus, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan garam. Masak suwir ayam. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, ketumbar bubuk, lengkuas, daun salam, dan serai, lalu tumis sampai harum dan berubah warna. Tambahkan suwiran ayam, aduk rata.

Tambahkan kecap manis sampai kecoklatan warnanya, aduk rata. Diamkan sebentar sampai menyerap ke ayam. Masukkan 1 gelas kecil kaldu ayam hasil rebusan tadi. Masak ayam sampai agak empuk. Koreksi rasa, masak sampai kuah agak kental dan minyaknya keluar. Sisihkan.

Rebus mie kurang lebih 5 menit dan tiriskan. Penyajian, beri sedikit minyak makan ditambah minyak hasil masak suwir ayam, dan sedikit penyedap rasa. Masukkan mie dan aduk rata. Tambahkan sawi hijau yang sudah direbus.

Tambahkan suwiran ayam. Siram dengan kuah kaldu ayam. Bubuhkan potongan daun bawang dan bawang goreng di atasnya. Mie ayam Jawa siap disajikan.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More