Biar Lebaran Makin Ceria, Ini Tips Dandani Rumah

Senin, 29 Maret 2021 - 14:45 WIB
Brand Dynamix merupakan produk semen yang menghadirkan solusi membangun dengan pilihan produk semen berbasis aplikasi dengan kualitasnya yang teruji baik dan bersertifikat SNI.
Lebaran datang lagi dalam beberapa bulan ke depan. Meski mungkin tak semeriah tahun-tahun lalu mengingat masih dibayangi pandemi, lebaran tetap menjadi momen menarik untuk mendadani rumah supaya kembali terlihat baru. Rumah yang terlihat baru bagaimana pun akan memberikan keceriaan dan suasana baru yang diperlukan saat menyambut lebaran.

Mendandani dengan merenovasi beberapa bagian yang rusak, mengganti warna cat, menambahkan sejumlah dekorasi di sudut-sudut tertentu, dapat dimaknai juga sebagai ungkapan syukur, kasih sayang, dan penghargaan pada keluarga di rumah dan tamu yang datang untuk silahturahmi. Kerabat dekat, para tetangga pun bakal lebih merasa nyaman.

Tetapi mendandani rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi di tengah pendapatan yang menciut lantaran proyek berkurang akibat pandemi. Sebenarnya banyak siasat untuk mendandani rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Agar biaya renovasi rumah tidak membengkak, Anda harus membuat perencanaan yang matang.

Pikirkan baik-baik bagian mana saja yang perlu direnovasi.

Inilah lima siasat yang baik dipertimbangkan agar proses renovasi berjalan efisien dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.



Membuat Desain

Sebelum melangkah ke pengerjaan, tentu saja Anda harus membuat desain lebih dulu. Membuat desain juga berarti menghitung biaya. Tentukan bagian mana yang perlu direnovasi, atau diubah susunan ruang (layout) dan konsep desain interior secara menyeluruh, misalnya menambah lantai rumah atau mengganti fungsi ruang. Maka yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep desain serta mendata kebutuhan ruang terlebih dulu sebelum renovasi rumah dilakukan.

Periksa Kondisi Bangunan

Langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi bangunan rumah guna mengetahui sejauh mana perbaikan perlu dilakukan. Jika terjadi kerusakan pada bagian utama rumah, seperti rangka atap mulai keropos, kebocoran pada saluran air atau dinding ruangan mengalami keretakan, maka renovasi besar harus segera dilakukan. Akan tetapi, jika kerusakan terbilang minor, misalkan saja cat dinding yang mengelupas, maka renovasi tak perlu memakan banyak biaya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More