Tidur Usai Sahur Tidak Disarankan, Begini Penjelasan Dokter

Minggu, 25 April 2021 - 08:28 WIB
Setelah sahur, beberapa orang biasanya langsung tidur, tapi kebiasaan tersebut justru bisa membahayakan kondisi kesehatan. Foto: Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Agar tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa sepanjang hari, kebiasaan sahur menjadi penentu. Makanan bergizi harus menjadi pilihan saat sahur agar kondisi tubuh tetap fit, apalagi masih di tengah pandemi Covid-19.

Setelah sahur , beberapa orang biasanya langsung tidur, tapi kebiasaan tersebut justru bisa membahayakan kondisi kesehatan. Hal itu diungkapkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Vivien Maryam, SpPD.

Kata dia, tidur setelah makan itu berbahaya. Sebab bisa memicu penyakit asam lambung atau gastroesofageal refluks disease (GERD).

"Jangan tidur sesaat setelah makan. Ini bisa menimbulkan GERD (gastroesofageal refluks disease)," ujarnya kepada MNC Portal belum lama ini.





Dokter Vivien melanjutkan, kondisi ini adalah makanan yang sudah tertelan masuk ke lambung akan kembali ke saluran esofagus jika kita dalam posisi terbaring (tidur) sesaat setelah makan.

Dengan begitu, efek buruknya dapat mengakibatkan 'heart burn' atau rasa panas di dada akibat asam lambung yang naik ke wilayah esofagus.

Sementara itu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Nasional, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan kebiasaan langsung tidur usai sahur secara teori memang tidak boleh dilakukan, bahkan sangat tidak disarankan. Ia pun memberikan penjelasan mengenai waktu ideal untuk kembali tidur usai sahur.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More