Tips Memilih Menu Berbuka yang Sehat, Salah Satunya Mengawali dengan Kurma

Rabu, 05 Mei 2021 - 08:56 WIB
4. Sayur-sayuran Hijau

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan memberikan begitu banyak nutrisi dengan sedikit kalori. Semakin berwarma mangkuk sayuran Anda, semakin banyak pula manfaat kesehatan yang ada. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga membuat perut kenyang sehingga porsi makan di hidangan utama bisa jadi lebih sedikit. Targetkan untuk dua porsi sayuran setiap kali makan, hitungannya satu porsi sama dengan 1/2 cangkir sayuran mentah atau dimasak atau bisa juga jus sayuran.



5. Pilih Karbohidrat yang Baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat kompleks. Contohnya nasi merah, pasta atau roti gandum atau kentang. Karbohidrat kompleks menawarkan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral.

6. Protein Tanpa Lemak

Memilih protein untuk menu berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial, yang mana akan digunakan oleh tubuh untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Contohnya daging sapi, susu rendah lemak, yogurt, telur, keju, ikan, dan daging unggas semuanya merupakan protein berkualitas tinggi yang lengkap. Pilihlah sumber protein tanpa lemak dengan sedikit lemak jenuh. Jika vegetarian, bisa pilih sumber protein lain seperti polong-polongan, dan kacang-kacangan.

7. Hindari mMkanan Tinggi Lemak, Garam dan Gula

Sebisa mungkin jauhi makanan berat untuk buka puasa yang mengandung terlalu banyak lemak tidak sehat, garam, dan tambahan gula. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan. Lalu bisa juga mengganti permen dan minuman manis dengan gula alami yang ada pada buah-buahan segar, buah-buahan kering, dan salad buah.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More