Kampanye Kita Manusia, Seruan Peduli pada ODGJ

Sabtu, 11 September 2021 - 12:49 WIB
"Sebagai sesama, Menjadi Manusia merasa terpanggil untuk bahu-membahu menolong ODGJ yang terlantar dan membutuhkan bantuan. Salah satu ikhtiar kita merangkul mereka adalah melalui kegiatan Kita Manusia ini,” ujar Rhaka yang bersama rekannya, Adam Alfares Abednego dan Levina Purnamadewi, menggagas pendirian Menjadi Manusia.

Kampanye tersebut hadir beriringan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh tiap tanggal 10 Oktober. Menyambut momen tersebut, Kita Manusia akan melangsungkan berbagai aktivitas edukasi yang juga bertujuan mengumpulkan donasi sebanyak Rp1 miliar dalam waktu satu tahun.

Kampanye Kita Manusia ditandai dengan pembuatan video dokumenter mini yang menampilkan Ariel Tatum, film pendek yang diperankan oleh Ray Sahetapy, dan berbagai macam video edukasi tentang kesehatan jiwa supaya masyarakat lebih mengenal ODGJ serta kondisi mereka yang belum tertangani dengan baik. Video-video ini akan ditayangkan di berbagai kanal media sosial Menjadi Manusia.



“Harapan kami, kampanye Kita Manusia akan dapat menghimpun donasi untuk menyediakan tempat yang lebih layak untuk ODGJ di Indonesia. Kami akan merenovasi panti rehabilitasi Al-Fajar Berseri yang didirikan oleh Marsan Susanto yang saat ini ditinggali oleh teman-teman ODGJ, supaya mereka mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama tinggal di sana,” tutur Rhaka.

Dalam kegiatan ini, Kita Manusia bermitra dengan beberapa dokter spesialis kejiwaan, arsitek, komunitas, media alternatif, dan aktivis kesehatan mental lain. Dengan infrastruktur kesehatan dan dukungan perawatan yang mumpuni, diharapkan ODGJ dapat menolong diri sendiri untuk berdikari menjadi individu yang memiliki kehidupan seutuhnya.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More