5 Jenis Musik Keroncong Warisan Budaya Asli Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 - 09:39 WIB


“Yang kami kenal ada lima, yang keluarga keroncong sendiri, atau dikembangkan keroncong, stambul, langgam, keroncong hawaiian, dan gamat dari Sumatera Barat,” tuturnya.

Sementara itu sejarawan sekaligus peneliti musik keroncong Rakai Hino Galeswangi menyatakan, pelestarian budaya musik keroncong begitu penting agar tak diakui atau diklaim oleh negara lain. Mengingat sejauh ini dari beberapa penelitian yang dilakukan genre keroncong memang asli dari Indonesia.

“Genre-nya ini yang kita gandoli, kalau instrumennya kita nggak usah mempermasalahan. Warna lagunya, nadanya, itu orang lain nggak punya, itu turun temuran setiap daerah, kalau genrenya, nadanya, rohnya, iramanya itu lah yang bisa kita klaim sebagai warisan budaya Indonesia,” jelas Hino.

Hal ini membantah bila musik keroncong, adanya sumber keroncong berasal dari Portugis saat mulai memasuki Indonesia. Mengingat beberapa penelitian sejarah disebutkan Hino, musik keroncong ini sudah ada jauh sebelum Portugis tiba.



“Kalau alatnya, kita bisa pakai alat apapun, contoh sekarang kita memainkan lagu Jawa, tidak harus pakai gamelan, bisa pakai biola, pakai keyboard, atau bisa pakai elektrik DJ. kalau alatnya mungkin dari luar negeri campuran kombinasi,” tutup Hino.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More