5 Film Indonesia Paling Kontroversial, Dikecam hingga Dilarang Tayang tapi Berprestasi

Selasa, 28 Desember 2021 - 15:16 WIB
Film yang membawa sudut pandang anti-PKI ini berhasil menyabet penghargaan sebagai Film Dokumenter Terbaik dalam British Academy Film and Television Arts Awards 2013, hingga masuk nominasi Film Dokumenter Terbaik pada ajang Academy Awards atau Piala Oscar di tahun 2014.

4. Something In The Way - 2013



Film ini sudah terlihat kontroversial walau hanya melihat sinopsisnya. Something In The Way menceritakan tentang sosok pria seorang sopir taksi bernama Ahmad yang supel dan pekerja keras. Suatu ketika ia menghadapi intrik kehidupan yang sangat menguji iman serta hasrat biologis.

Diperankan oleh Reza Rahadian dan Ratu Felisha, film besutan sutradara Teddy Soeraatmadja ini dilarang tayang karena menyajikan adegan seksualitas dan konflik keimanan. Walau begitu, Something In The Way justru berhasil tayang di Berlin, Jerman.



5. Kucumbu Tubuh Indahku - 2018



Film satu ini paling menggegerkan publik Tanah Air karena dianggap sangat vulgar dan sensitif, di mana sampai muncul petisi dari sebagian kalangan yang meminta untuk memboikotnya.

Kucumbu Tubuh Indahku dianggap mempromosikan LGBT dengan menampilkan adegan homoseksualitas secara terang-terangan. Namun sesungguhnya, film besutan Garin Nugroho ini mengangkat realitas sosial yang lebih besar, yang berbicara tentang kaum marjinal dan adanya penghakiman sepihak.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More