Daftar Aktivitas dengan Risiko Tular COVID-19 Tinggi hingga Rendah

Kamis, 11 Juni 2020 - 13:42 WIB
Maka itu, dia merekomendasikan agar masyarakat menghindari kunjungan ke dokter gigi untuk sementara waktu, kecuali terjadi kondisi yang darurat.

"Kesulitannya adalah, bila Anda adalah pasien yang datang ke ruang klinik 20 menit setelah proses pembersihan pada pasien sebelumnya yang ternyata terinfeksi virus, berarti Anda akan ikut menghirup virus tersebut," tandas Dr. Emig.

9. Berjalan di Pusat Kota yang Sibuk

Tingkat Risiko 4

Berjalan-jalan di pusat kota sebenarnya membawa risiko yang rendah karena itu termasuk kegiatan di luar ruangan dan Anda tak perlu terekspos dengan orang tertentu dalam waktu lama. Anda juga sangat bisa menghindari berpapasan dengan orang yang tidak bermasker.

Tapi, jika ada kerumunan, itu bisa jadi masalah. "Apapun yang berkaitan dengan kerumunan, itu buruk. Maka hindarilah kerumunan," tandas Dr. Sims.

10. Makan di Area Luar Restoran

Tinglat Risiko 4

Keempat pakar sepakat bahwa makan di area outdoor restroan lebih aman ketimbanag di dalam. Alur sirkulasi yang lebih baik di luar ruangan mengurangi konsentrasi virus di udara, dan itu bisa mengurangi risiko orang menghirupnya.

11. Belanja

Tingkat Risiko 3

Toko groseri saat ini banyak yang menerapkan aturan baru demi menghindari penyebaran virus. Tempat belanja kebutuhan pokok itu adalah area di mana masker wajib dikenakan. Kalau tidak, risiko tertular virus tetap bisa sangat tinggi.

12. Berkemah

Tingkat Risiko 3

Berkemah di luar rumah, meski bareng keluarga sendiri, masih lebih berisiko ketimbang berdiam di rumah saja. Tapi, berkemah di tengah event yang besar dan sampai bermalam, buat anak-anak risikonya bisa sangat tinggi.

13. Main Golf

Tingkat Risiko 3

Main golf termasuk rendah risiko persebaran virusnya karena kegiatan itu dilakukan di tengah lapangan terbuka dan bukan termasuk olahraga yang harus melibatkan kontak fisik. Selain itu, golf biasanya juga hanya melibatkan sekelompok kecil orang saja.

Para pakar menyarankan, ketika main golf, kita tak perlu berbicara terlalu banyak, berbaur, berdekatan dengan pemain lain, atau berbagi kereta golf.

"Cukup main golf, bertegur sapa seperlunya, dan lanjutkan kegembiraan Anda. Jangan dekat-dekat dengan orang lain," saran Dr. Husain.

14. Jalan Kaki, Lari, atau Bersepeda bersama Orang Lain

Tingkat Risiko 2

Berjalan, lari, dan bersepeda cukup rendah risiko persebaran virusnya karena di situ Anda tak perlu melakukan kontak fisik dengan banyak orang serta tidak harus berdekatan dalam waktu yang lama. Risiko akan meningkat jika Anda melakukan aktivitas tersebut bersama kelompok yang besar jumlahnya, saling berdekatan, dan tidak memakai masker.

Menurut Dr. Husain, bukan ide yang buruk untuk menjaga jarak dengan orang tanpa masker yang lewat di dekat Anda. "Saat berolahraga serta bernapas dengan lebih keras, Anda berarti sedang memuntahkan sekresi di saluran pernapasan dan virus potensial ke udara," katanya.

15. Mengisi Bahan Bakar

Tingkat Risiko 2

Di Amerika, orang melakukan pengisian bahan bakar secara mandiri. Nah, kegiatan ini rupanya relatif tak terlalu berisiko terpapar virus. Sebab, mengisi bahan bakar selalu dilakukan di luar ruangan, tak perlu berdekatan dengan orang lain, dan seseorang pun tak akan lama-lama berada di sana. (Baca Juga: Tempat Aktivitas Berisiko Penyebaran Covid-19 di New Normal
Secara teori virus dapat menempel pada handel pompa bensin. Virus juga bisa menyebar di udara melalui kontak dekat dengan orang. Maka itu, selalu gunakan hand sanitizer usai mengisi bahan bakar.

16. Memesan Makanan dari Restoran

Tingkat Risiko 1

Para ahli tidak terlalu khawatir dengan aktivitas memesan makanan dari restoran, apalagi para pengelola rumah makan sudah banyak yang menerapkan metode yang "aman virus" di gerai mereka. Misalnya dengan menerapkan pemesanan drive-through dan sistem pembayaran touchless. Malah memesan makanan dari rumah dianggap lebih aman ketimbang makan di restoran secara langsung.

17. Main Tenis

Tingkat Risiko 1
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More