Kaya Vitamin dan Antioksidan, Begini Khasiat Buah yang Berwarna Kuning

Selasa, 14 Juni 2022 - 06:54 WIB
3. Summer Squash

Summer squash adalah sayuran rendah kalori yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Sayuran ini kaya vitamin A, B6, C dan Asam folat. Tingginya kandungan asam folat pada squash membuat squash sebagai salah satu sayur yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Squash juga mengandung fosfor dan mangan. Dua mineral ini bisa memperkuat tulang serta membantu tubuh memproses karbohidrat dan lemak. Hanya itu saja? Tentu tidak! Sayuran berwarna kuning ini juga mengandung serat. Kombinasi kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori menjadikan squash sebagai makanan yang ideal untuk diet.

Sayuran ini mungkin memang belum cukup populer di Indonesia. Namun, bila Anda menemukannya, jangan ragu mengonsumsinya, karena squash mudah diolah menjadi beragam makanan enak. Hampir sama dengan lemon, Anda bisa mengonsumsi squash sebanyak 1-2 buah per hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Kiwi

Ternyata buah kiwi tidak hanya berwarna hijau, lho! Kiwi warna kuning tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Buah jenis ini biasa disebut gold kiwi. Gold kiwi memiliki kadar vitamin C yang tiga kali lebih banyak dibandingkan buah jenis sitrus lainnya. Lalu, kandungan seratnya yang tinggi juga membantu metabolisme tubuh, terutama untuk mereka yang berusia lanjut.

Kiwi warna kuning memiliki biji yang lebih sedikit dan rasa yang lebih manis dibandingkan kiwi hijau. Oleh sebab itu, bagi sebagian orang, gold kiwi dianggap memiliki rasa yang lebih baik. Mengonsumsi dua buah gold kiwi per hari baik bagi Anda yang kekurangan vitamin C dan kekurangan energi.



5. Mangga

Tak sekadar manis, mangga juga sangat bergizi. Buah warna kuning ini mengandung serat tinggi, vitamin C, dan pektin yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Konsumsi mangga juga bisa memenuhi 25 persen kebutuhan harian vitamin A kita, lho.

Mangga adalah buah yang versatile atau serbaguna. Di Indonesia, mangga tidak hanya dimakan secara langsung namun diolah dan dijadikan makanan. Mulai dari sambal hingga dessert seperti pudding bisa dibuat dari mangga.

Namun, ada beberapa orang yang harus menghindari mangga. Buah ini memiliki rasa manis karena kandungan gulanya cukup banyak. Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita diabetes, harus hati-hati, bahkan hindari konsumsi mangga. Dianjurkan untuk mengonsumsi mangga sebanyak 330 gram per hari sebagai batas aman.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More