Sebelum Jalani Diet Keto, Anda Harus Tahu Efek Sampingnya

Selasa, 30 Juni 2020 - 14:30 WIB
Diet keto dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, sebelum menjalaninya, Anda harus mengetahui bahwa diet ini juga disertai efek samping. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Diet keto telah meraih popularitas, di mana Anda mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, harus diketahui bahwa diet ini juga disertai efek samping.

Pada dasarnya, diet keto terdiri dari 80% lemak, 15% protein dan sedikitnya 5% kalori dari karbohidrat dan mengikuti rencana diet tinggi lemak, rendah karbohidrat yang ketat, tentu akan membuat Anda mengurangi berat badan.

Catatannya, mungkin ada beberapa efek samping pada tubuh. Jadi, seperti dilansir Times of India, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menjalani diet keto .

1. Anda bisa terkena keto flu

Ya, ini adalah hal yang nyata. Keto flu terjadi ketika Anda mengurangi karbohidrat dan masuk ke kondisi ketosis di mana tubuh Anda mulai membakar lemak untuk energi. Ini bisa membuat Anda sakit kepala, mual, lelah, dan diare.



Efek samping ini adalah karena tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya alih-alih karbohidrat. Setelah tubuh mulai beradaptasi dengan sumber bahan bakar baru ini, Anda akan secara otomatis merasa lebih baik.

2. Penurunan berat badan lebih awal

Karbohidrat mengandung lebih banyak air daripada lemak dan protein sehingga diet keto dapat menghasilkan langsing lebih awal. Ketika Anda berhenti makan karbohidrat, semua air tambahan akan keluar melalui urin, itulah sebabnya Anda turun beberapa kilogram dalam skala dan Anda mulai terlihat lebih ramping.

Penurunan pertama ini mungkin berat air dan kebanyakan orang yang mengikuti diet keto merasa sulit untuk tetap dengan rencana makan yang ketat. Jadi, jika Anda berhenti secara acak pada diet ini, Anda akan mulai menambah berat badan dengan cepat. (Baca juga: Frekuensi Berhubungan Seks, Benarkah Jadi Patokan Kebahagiaan Pasangan? ).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More