Ketahui Bahaya Mengkonsumsi Ibuprofen Jika Bersamaan dengan Obat Ini

Kamis, 20 Oktober 2022 - 10:16 WIB
Ibuprofen merupakan salah satu obat yang tergolong dalam kelompok obat anti-inflamasi nonsteroid dan digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat artritis. Foto/Ilustrasi/ist
JAKARTA - Ibuprofen merupakan salah satu obat yang tergolong dalam kelompok obat anti-inflamasi nonsteroid dan digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat artritis. Obat ini dijual dengan berbagai merk dagang Advil, Motrin, Nuprin, dan Brufen.

Ibuprofen dibuat sebagai analgesik atau obat untuk mengurangi rasa nyeri dan antipiretik atau penurun panas. Umumnya, obat ini digunakan untuk mengurangi sakit otot, nyeri haid, flu dan sakit selepas pembedahan.

Aktivitas analgesik atau penahan rasa sakit pada ibuprofen bekerja dengan cara menghentikan enzim siklooksigenase yang berimbas pada terhambatnya pula sintesis prostaglandin yaitu suatu zat yang bekerja pada ujung-ujung saraf yang sakit.

Aktivitas antipiretik atau penurun panas pada ibuprofen bekerja di hipotalamus dengan meningkatkan vasodilatasi, yaitu pelebaran pembuluh darah dan aliran darah piretik.





Ibuprofen memiliki efek antiinflamasi sedangkan paracetamol tidak. Karena lebih efektif dalam meredakan inflamasi, ibuprofen termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non steroid (NSAID).

Obat Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat-obat berikut diantaranya:

1. Ibuprofen dan Naproxen

Mengkonsumsi ibuprofen bersama dengan naproxen umumnya sangat tidak dianjurkan. Menggabungkan obat ini dapat meningkatkan risiko efek samping pada saluran pencernaan seperti peradangan, perdarahan, ulserasi, dan jarang, perforasi. Perforasi gastrointestinal adalah kondisi yang berpotensi fatal dan darurat medis di mana lubang terbentuk di sepanjang perut atau usus. Saat ingin mengosumsi obat ini harus setelah makanan, bertujuan untuk mengurangi risiko.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More