Studi: Mendengarkan Lagu Favorit Bisa Membantu Meringankan Rasa Sakit

Rabu, 22 November 2023 - 23:25 WIB
loading...
Studi: Mendengarkan Lagu Favorit Bisa Membantu Meringankan Rasa Sakit
Studi terbaru menemukan bahwa mendengarkan lagu favorit bisa membantu meringankan rasa sakit. Musik memiliki kekuatan untuk memengaruhi emosi, suasana hati. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa mendengarkan lagu favorit bisa membantu meringankan rasa sakit . Musik memiliki kekuatan untuk memengaruhi emosi, suasana hati, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Banyak orang sangat dipengaruhi oleh lagu dalam hal perasaan, suasana hati, dan kesejahteraan secara umum. Selama ribuan tahun, orang telah memanfaatkannya sebagai sarana ekspresi emosional, relaksasi, dan penyembuhan.

Dilansir dari The Health Shots, Rabu (22/11/2023) kebanyakan orang melihat musik lebih dari sekadar suara yang menyenangkan. Ini adalah jenis seni yang membangkitkan spektrum emosi yang luas dan berbicara kepada jiwa.

Musik memiliki kekuatan untuk mengangkat, menenangkan, menyegarkan, dan membuat seseorang sedih. Ini adalah strategi yang efektif untuk mengurangi rasa sakit karena kemampuannya membangkitkan emosi.



Di sisi lain, lagu favorit Anda bisa menjadi pengalih perhatian dari kesedihan yang Anda rasakan. Pikiran Anda distimulasi oleh musik, yang mengalihkan perhatian dari pesan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang disampaikan oleh tubuh.

Pengalihan ini sangat berguna untuk operasi kecil, perawatan gigi, dan bahkan periode setelah operasi untuk pemulihan. Selain itu, musik memiliki kekuatan luar biasa untuk meningkatkan mood.

Otak melepaskan zat kimia dopamin yang membuat merasa nyaman ketika mendengarkan lagu favorit. Lonjakan dopamin ini berpotensi mengurangi rasa sakit dengan mengurangi ketegangan, kekhawatiran, dan ketidaknyamanan yang terkait dengannya.

Selain itu, nyeri merupakan fenomena emosional dan psikologis kompleks yang tidak terbatas pada tubuh. Kecemasan dan stres dapat membuat Anda lebih sulit merasakan rasa sakit.



Namun, mendengarkan lagu favorit bisa membantu mengurangi perasaan tidak menyenangkan ini. Musik memiliki dampak relaksasi yang dapat mengurangi ketegangan dan kecemasan yang menyertai rasa sakit, terutama jika itu adalah lagu yang disukai.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)