Podcast Aksi Nyata Kupas Tuntas Persiapan Jadi Pengusaha, Bukan Sekadar Modal

Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:08 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Olahraga dan Seni Kreatif DPP Pemuda Perindo Muhammad Ilham Firmansyah menjadi narasumber dalam Podcast Aksi Nyata, Kamis (20/10/2022). Foto/YouTube Partai Perindo
JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Olahraga dan Seni Kreatif DPP Pemuda Perindo Muhammad Ilham Firmansyah membeberkan beberapa hal yang perlu dipenuhi jika ingin menjadi pengusaha.

Menurut Ilham Firmansyah, menjadi entrepreneur atau pengusaha membutuhkan persiapan matang. Modal saja tidak cukup untuk memulai usaha.

Ilham mengatakan, setidaknya ada beberapa langkah yang perlu dipenuhi individu jika ingin menjadi pengusaha. Langkah pertama adalah rencana matang mengenai usaha itu sendiri.



"Nomor satu itu tujuan dulu. Kita harus bikin planning. Nggak mungkin kita punya modal tapi nggak tahu mau usaha apa," ungkap Ilham Firmansyah dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Kamis (20/10/2022).

Bisnis apa pun pasti menemui kendala. Ilham Firmansyah lantas mewanti-wanti untuk memahami betul resiko yang sekiranya akan terjadi kelak.

"Yang kedua kita harus paham betul risiko dalam bisnis, bagaimana hambatan dalam menjalankan usaha, apa yang diperlukan," paparnya.

Satu hal yang dirasa Ilham Firmansyah sangat penting dijadikan 'modal' usaha adalah mental. Dengan mental yang kuat, kegagalan bukanlah suatu masalah besar. "Terakhir, mental yang jelas," imbuhnya.

Bicara soal kegagalan, Ilham Firmansyah mengaku, dirinya juga pernah berada di fase tersebut saat menjalankan bisnis di bidang transportasi. Bahkan ia sampai mengalami kerugian dalam jumlah besar.

"Dengan gagal kita jadi belajar, saya pun sudah berulang kali gagal. Saya pernah gagal besar, mungkin rugi pun nominalnya sangat besar," kata Ilham Firmansyah.

Kendati demikian, Ilham Firmansyah tak kapok terjun sebagai pengusaha. Pasalnya, di saat dia berhasil bangkit, kegagalan akan ditutupi dengan keberhasilan.
(tsa)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More