7 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria, Nomor Terakhir Tak Disangka

Minggu, 06 November 2022 - 16:26 WIB
Seng adalah mineral penting yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, telur, dan kerang. Mendapatkan cukup seng adalah salah satu pilar kesuburan pria, seperti mengentalkan sperma.

4. Istirahat cukup/redakan stres

Ternyata stres dapat mengurangi kepuasan seksual Anda dan mengganggu kesuburan pria. Melansir Healthline, para peneliti percaya bahwa hormon kortisol sebagian dapat menjelaskan efek buruk dari stres.

Stres yang berkepanjangan meningkatkan kadar kortisol, yang memiliki efek negatifkuat pada testosteron. Ketika kortisol naik, kadar testosteron cenderung turun.

5. Berhenti merokok

Bagi pria yang hobi merokok perlu tahu karena dampaknya bisa mengurangi kualitas sperma, atau tidak kental. Sebuah meta-analisis 2016 yang meninjau hasil lebih dari 20 penelitian dengan total hampir 6.000 peserta, menemukan bahwa merokok secara konsisten mengurangi jumlah sperma.

"Para peneliti menemukan perokok tembakau dalam jumlah sedang atau berat memiliki kualitas sperma yang lebih rendah, daripada orang yang merokok lebih sedikit," keterangan dalam Medical News Today

6. Tingkatkan asupan lemak sehat

Pria juga perlu tahu konsumsi lemak sehat (tak jenuh) penting untuk perkembangan membran sperma yang sehat. Lemak tersebut termasuk omega-3 dan omega-6.

Sebuah ulasan tahun 2019, tiga penelitian menemukan pria yang diberi suplemen asam lemak omega-3, mengalami peningkatan signifikan dalam motilitas dan konsentrasi sperma. Bila dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi suplemen omega-3.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More