7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Nomor 6 Tak Disangka

Jum'at, 25 November 2022 - 11:22 WIB
Manfaat daun kelor untuk kesehatan mungkin tak banyak diketahui orang. Bahkan sebagian orang tidak tahu jenis tumbuhan satu ini. Foto/Ilustrasi/Ist
JAKARTA - Manfaat daun kelor untuk kesehatan mungkin tak banyak diketahui orang. Bahkan sebagian orang tidak tahu jenis tumbuhan satu ini. Kelor yang disebut juga dengan nama merunggai merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat kesehatan serta mudah untuk dibudidayakan.

Tak heran mengapa Badan Kesehatan Dunia atau WHO menobatkan kelor sebagai pohon ajaib atau miracle tree. Setelah dilakukan studi ditemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan dengan harga yang murah selama 40 tahun lebih di negara-negata termiskin di dunia.

Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Kandungan radikal bebas yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan stress oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti jantung ataupun diabetes tipe 1.





2. Kandungan zat besi yang tinggi

Daun kelor memiliki kandungan zat besi 25 kali lebih tinggi daripada daun bayam. Zat besi diketahui memiliki segudang manfaat seperti untuk mengatasi anemia, menjaga kesehatan fungsi otak, atau mencegah risiko kelahiran prematur.

3. Mengandung nutrisi untuk tubuh
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More