4 Fakta Aseksual, Orientasi Seksual yang Tak Miliki Rasa Tertarik terhadap Orang Lain

Rabu, 14 Desember 2022 - 13:47 WIB
2. Bisa Memilih untuk Lakukan Hubungan Seksual

Salah satu jenis aseksual adalah gray aseksual, yakni di mana orang dengan orientasi ini dapat memilih untuk melakukan hubungan seksual. Biasanya, orang dengan orientasi gray aseksual mau berhubungan intim karena sangat menikmati keintiman atau kontak fisik dari pasangan romantisnya, serta untuk menghargai pasangan yang bukan aseksual.



3. Bukan Disebabkan Gangguan Medis

Aseksual bukan termasuk disfungsi seksual yang disebabkan oleh gangguan fisik maupun jiwa. Pasalnya, orang yang memiliki orientasi aseksual bisa saja memiliki fisik dan mental yang sehat, sehingga tidak bisa digolongkan sebagai penyakit.

Hanya, kondisi aseksual mungkin menjadi tekanan tersendiri bagi pemiliknya, bisa akibat tuntutan peran atau anggapan dari orang sekitar yang mengecapnya sakit jiwa. Hal ini pun bisa berdampak pada kesehatan mental orang yang aseksual.

4. Ada Kemungkinan Alami Perubahan Orientasi Seksual

Aseksual merupakan salah satu orientasi seksual yang memiliki spektrum yang luas dan bersifat fleksibel. Dengan kata lain, orang yang aseksual bisa saja mengalami perubahan orientasi seksual, misalnya menjadi demiseksual atau sapioseksual. Sebaliknya, seorang yang tidak aseksual juga memiliki kemungkinan untuk bisa menjadi aseksual.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More