Bukan Hanya Diet, Ini Beragam Manfaat Puasa buat Kesehatan Tubuh

Senin, 23 Januari 2023 - 12:57 WIB
loading...
Bukan Hanya Diet, Ini Beragam Manfaat Puasa buat Kesehatan Tubuh
Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Puasa bagi umat Islam merupakan suatu ibadah. Puasa diketahui sebagai upaya menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan, seperti makan, minum dan senggama, sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan niat dan persyaratan tertentu.

Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. Penurunan berat badan, mengontrol gula darah, menurunkan peradangan, merupakan beberapa manfaat yang didapat dari berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh seperti dirangkum dari laman Medicinenet dan Healthline.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menurunkan Berat Badan

Penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan berat badan menurun.

Puasa tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga berat badan tetap ideal dengan catatan mengonsumsi makanan secara bijak saat berbuka.

2. Mengurangi Peradangan

Stres oksidatif merupakan faktor penyebab penuaan dini dan perkembangan banyak penyakit kronis. Adapun radikal bebas menyebabkan kerusakan pada molekul penting lainnya, seperti DNA dan protein. Yang mana saat berinteraksi dengan molekul ini akan menyebabkan kerusakan dalam prosesnya.

Menurut beberapa penelitian, puasa dapat membantu tubuh meminimalkan peradangan akibat kerusakan oksidatif, memperlambat proses penuaan, dan mencegah perkembangan penyakit tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)