Viral Bayi Diberi Kopi Susu Sachet, Bagaimana Pengaruhnya terhadap Kesehatan?

Selasa, 24 Januari 2023 - 11:58 WIB
loading...
A A A
Kenapa kopi bahaya untuk bayi?

Dokter Nadia menjelaskan, karena kopi dapat mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh yang masih dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Lalu, kopi bukanlah minuman yang boleh diberikan ke bayi, terlebih bayi di bawah usia 6 bulan hanya boleh mengonsumsi ASI, sehingga jika masuk kopi, itu akan mengganggu sistem pencernaan dan enzim pencernaan bayi itu belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa.

"Jadi, tubuhnya belum mendukung untuk mencerna kopi," ujarnya.

Bahaya lain dari pemberian kopi ke bayi adalah zat stimulan seperti kafein itu juga bisa membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga bisa meningkatkan denyut jantung pada bayi. Kemudian, pemberian kopi juga dapat mengganggu penyerapan kalsium.

"Pemberian kopi juga dapat membuat bayi menjadi gelisah, rewel, dan insomnia. Dampak lainnya adalah membuat nafsu makan bayi justru semakin menurun," terangnya.

Di sisi lain, dr. Nadia juga menjelaskan soal kepercayaan pemberian kopi pada bayi dapat mencegah bayi kejang. Apa katanya?

"Itu hoaks! Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan kalau kopi bisa mencegah bayi kejang," bebernya.

"Malah justru kalau lagi kejang dikasih kopi, itu bisa meningkatkan risiko, karena bisa terjadi tersedak, apalagi kalau bayinya di bawah 6 bulan di mana bayi itu tidak boleh mengonsumsi apapun selain ASI," papar dr. Nadia.

Baca juga: Daun Penurun Kolesterol dan Gula Darah yang Ampuh dalam 2 Jam, Wajib Dicoba
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4266 seconds (0.1#10.140)