5 Cara Menurunkan Kolesterol pada Lansia secara Alami, Kenali dan Pahami!

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:58 WIB
loading...
A A A
Penelitian menunjukan bahwa bakteri baik ini disebut probiotik dan bisa membantu menurunkan kadar LDL pada tubuh. Sejumlah sumber serat larut bisa diperoleh dari sereal gandum, buah-buahan, kacang polong, biji rami, dan lain sebagainya.

3. Menghindari Lemak Trans

Lemak trans bisa meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh. Biasanya, sumber lemak tersebut banyak ditemukan dari makanan yang digoreng ataupun dipanggang dan nantinya dikemas secara komersial.

Sejumlah makanan yang biasanya mengandung lemak trans di antaranya adalah margarin, kue kering, popcorn microwave, pizza, makanan cepat saji, krim, dan lainnya.

Baca juga : Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

4. Konsumsi Makanan yang Punya Lemak Tak Jenuh Ganda

Sebagai gantinya ketika menghindari asupan makanan yang mengandung lemak trans, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan yang punya lemak tak jenuh ganda. Mengutip Healthline, penelitian menunjukan lemak tak jenuh ini bisa mengurangi kadar LDL pada tubuh.

Dari sekian sumber yang bisa ditemukan, kandungan lemak tak jenuh ganda ini ada pada sejumlah ikan dalam bentuk kandungan asam lemak omega 3 miliknya. Di antaranya ada ikan salmon, tuna laut sirip biru, serta sumber omega 3 lain seperti biji-bijian dan kacang pohon.

5. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Seperti yang diketahui, berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko terkena kadar kolesterol tinggi. Bagi lansia, mempertahankan berat badan sehat akan sangat bermanfaat guna menurunkan kadar LDL.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)