alexametrics

Cek di Sini! 10 Kebaikan Madu untuk Tubuh

loading...
Cek di Sini! 10 Kebaikan Madu untuk Tubuh
Pengobatan menggunakan madu sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Foto Ilustrasi/Shutterstock/Subbotina Anna
A+ A-
JAKARTA - Selain bisa digunakan sebagai pemanis dessert, madu juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan, pengobatan menggunakan madu sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Dilansir dari laman Healthline, berikut 10 kebaikan zat kental berwarna cokelat keemasan itu bagi tubuh.

1. Mengandung Beragam Nutrisi
Dengan corak yang mengkilat, madu menyimpan senyawa bioaktif dari tanaman. Cairan yang diproduksi oleh lebah madu memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang berperan dalam sistem imun tubuh. Semakin pekat warna cokelat pada madu, semakin banyak kandungan nutrisi di dalamnya. (Baca Juga: Sindrom Patah Hati Meningkat Selama Pandemi Covid-19)

2. Kaya Antioksidan
Madu berkualitas memiliki antioksidan yang baik bagi tubuh. Hal ini dipercaya berkat zat asam organik dan fenol yang terkandung di dalamnya. Zat antioksidan berperan untuk mencegah beragam penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, dan kanker.



3. Bahan Pemanis bagi Penderita Diabetes
Kandungannya yang rendah lemak, membuat madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, madu juga bisa mengurangi risiko gangguan hati yang diderita oleh pasien diabetes tipe dua.

4. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Mengonsumsi madu secara rutin juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Hal itu terbukti dengan adanya kandungan antioksidan di dalam madu. Bila tidak ditangani dengan segera, tekanan darah tinggi dapat berujung pada penyakit jantung.



5. Menghasilkan Kolesterol Baik (HDL)
HDL (high-density lipoprotein) adalah kolesterol baik yang dapat menyingkirkan jenis kolesterol lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengurangi kolesterol berlebihan di dalam tubuh, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Mengurangi Kandungan Tringliserida
Tringliserida adalah salah satu jenis lemak jahat dalam darah. Lemak darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Mengonsumsi madu bisa mengurangi produksi tringliserida sebanyak 11%-19% dibandingkan gula.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak